Ini Akibatnya Jika Kebutuhan Vitamin Anak Tidak Terpenuhi

Kebutuhan vitamin anak bisa dipenuhi dengan beragam cara. Mulai dari pola makan yang sehat dengan konsumsi buah dan sayur secara teratur setiap hari. Selain itu, orang tua juga bisa memberikan suplemen atau vitamin tambahan kepada anak agar semua kebutuhan vitamin bisa terpenuhi dengan baik.

Melihat anak tumbuh dengan sehat dan bisa berkembang secara optimal tentu adalah harapan bagi semua orang tua. Bagaimanapun juga orang tua pasti akan selalu berusaha agar anak bisa mendapatkan asupan nutrisi yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam proses tumbuh dan berkembang. Karena itulah setiap orang tua juga ingin memberikan vitamin terbaik bagi anak mereka.

Vitamin Anak
Gambar Ilustrasi By Google Image

Lalu sebenarnya, apa yang akan terjadi ketika kebutuhan vitamin anak tidak terpenuhi dengan baik? Tentu saja akan ada akibat yang muncul ketika vitamin anak tidak tercukupi dengan maksimal. Kali ini kita akan membahas apa saja akibat yang mungkin muncul ketika kebutuhan vitamin anak tidak dipenuhi dengan baik.

Akibat Kurang Vitamin

Inilah dia beberapa akibat yang bisa muncul pada tubuh anak ketika anak kekurangan vitamin :

  1. Mudah Sakit

Vitamin bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak. Ketika anak kekurangan vitamin maka daya tahan tubuh bisa menurun yang artinya tubuh akan kekurangan kekuatan untuk menangkal beragam jenis penyakit. Jika hal ini terjadi maka anak akan mudah jatuh sakit dan jika kondisi ini berulang terus maka kondisi fisik anak akan semakin lemah.

  1. Berat Badan Menurun

Kekurangan vitamin bisa berakibat pada menurunnya berat badan anak. Seperti kita ketahui bahwa berat badan merupakan salah satu indikator bahwa anak bertumbuh dengan baik dan optimal. Jika berat badan anak terus menurun maka kondisi kesehatan anak dalam status yang buruk.

  1. Perkembangan Kecerdasan Lambat

Kekurangan vitamin bisa menyebabkan perkembangan kecerdasan otak menjadi lambat. Perkembangan kecerdasan otak membutuhkan asupan vitamin yang cukup. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin memaksimalkan kecerdasan anak maka sebaiknya selain mendampingi anak belajar juga memberikan kebutuhan vitamin yang lengkap.

  1. Anak Tampak Tidak Segar

Kekurangan vitamin bisa berpengaruh pada penampilan fisik anak. Ketika kekurangan vitamin maka fisik anak akan menjadi tampak tidak segar. Misalnya, kulit akan menjadi tidak sehat, bibir terlihat pucat, mata tidak jernih, dan lain sebagainya. Tanda-tanda ini akan membuat tubuh anak menjadi tidak sehat secara keseluruhan.

Itulah tadi beberapa akibat yang mungkin timbul karena kebutuhan vitamin anak tidak terpenuhi dengan baik. Jika anda tidak ingin anak anda mengalami hal-hal tersebut maka anda harus memenuhi kebutuhan vitamin anak dengan maksimal. Pastikan anak anda tumbuh dan berkembang dengan sehat lewat pemenuhan nutrisi serta pemberian vitamin yang lengkap.

Leave a Reply