5 Proses Rehabilitasi setelah Operasi Total Knee Replacement

Momen setelah operasi tidaklah seberat yang dibayangkan. Bahkan terasa lebih ringan karena ada proses rehabilitasi yang Anda ikuti. Dilansir dari dokter.my, bahwa ada 5 proses dengan biaya operasi TKR minimal 70 juta Rupiah. Semuanya akan Anda alami demi pemulihan secara sempurna. Inilah prosesnya.

LUTUT

  1. Berjalan Menggunakan Tongkat ataupun Kruk

Setelah operasi pertama, tentu keadaan lutut masih sangat rawan terhadap kecelakaan. Apalagi kalau Anda melakukan operasi untuk 2 lutut sekaligus. Latihan berjalan dengan kruk ini wajib dilakukan ketika masih berada di rumah sakit maupun saat di rumah. Biar kaki tidak merasa terbebani oleh keadaan.

Lakukan terus latihan berjalan dengan kruk sampai dipastikan boleh berjalan tanpa alat itu setelah di-review oleh ahli bedah. Waktunya tidak lama, asalkan Anda berlatih dengan cukup intensif. Kalau tidak pakai kruk, bisa pakai tongkat tunggal buat yang operasi kaki sebelah.

  1. Mengunjungi Fisioterapis

Fisioterapis adalah seorang ahli pengobatan terhadap kelumpuhan maupun gangguan otot. Dengan berkunjung ke fisioterapis, tentu sangat membantu sekali demi kesembuhan Anda secara total. Lakukan kunjungan ini seminggu sekali. Setibanya di lokasi, Anda akan diperiksa dan diberi tahu latihan tambahan yang mungkin dibutuhkan.

  1. Mendapat Kunjungan dari Dokter Bedah

Fasilitas rehabilitasi ini juga dirasakan oleh setiap pasien Dr. Wong Chung Chek dan Dr. Lee Woo Guam. Dengan biaya operasi TKR minimal 70 juta Rupiah, Anda akan mendapatkan fasilitas lengkap berupa berbagai perawatan intensif sampai bisa berjalan. Dokter bedah akan mengunjungi Anda setelah sebulan pasca operasi.

Datangnya dokter bedah bukan hanya sebagai kunjungan biasa saja. Dia akan menilai sejauh mana Anda sudah berkembang. Apakah lutut sudah cukup kuat dan mobilisasinya bagus atau belum. Sudah siap menjalani latihan lutut ke tahap berikutnya atau belum. Semua yang dibutuhkan untuk latihan tingkat lanjut diarahkan oleh dokter bedah tersebut.

  1. Sudah Bisa Mengendarai Mobil 4-6 Minggu

Dengan perawatan serta latihan yang terukur, bukan tidak mungkin Anda sudah bisa menyetir mobil dalam 4-6 minggu pasca operasi. Jaminan ini ada berdasarkan hasil evaluasi pasien yang ditangani selama ini. Tidak hanya bisa menyetir mobil, tetapi juga bisa berjalan dengan nyaman. Seakan-akan Anda tidak mengalami operasi sebelumnya.

Bahkan Anda juga sudah bisa bermain golf, menari, serta bermain bowling. Aktivitas itu memang tidak membutuhkan daya tumpu lutut yang berlebihan sih. Tapi cukup baik untuk mengukur sejauh mana kemajuan Anda. Kalau Anda ingin melakukan aktivitas itu dalam waktu dekat, dokter bedah menganjurkan untuk banyak-banyak berenang.

  1. Keadaan setelah 2 Bulan Rehabilitasi

Jika Anda meluangkan waktu untuk latihan setelah operasi Total Knee Replacement serta rehabilitasi 2 bulan, lutut tidak akan terasa nyeri sama sekali. Bahkan merasa nyaman ketika dipakai untuk aktivitas yang lebih aktif. Tapi hindari dulu olahraga dengan benturan berat serta loncatan. Soalnya bisa menyebabkan kegagalan dini.

Operasi Total Knee Replacement 100% aman dengan tingkat keberhasilan lebih dari 90%. Setiap tahunnya, dokter bedah setidaknya menangani 350 pasien dengan latar belakang keluhan yang berbeda-beda. Dokter-dokter di rumah sakit ini sudah berpengalaman menangani kasus operasi lutut serta pinggul lebih dari 20 tahun.

Leave a Reply